Jangan Bilang Kamu Pejuang Tangguh Klo Belum Ditempa Seperti Ini

Klo ingin sukses harus mau kerja keras. Kata orang bijak sih gitu men. Emang benner ya? Emm… tergantung yang dimaksud sukses seperti apaan dulu kali ya? Gue rasa sukses yang orang bijak bilang mungkin maksudnya tentang materi dan jabatan. Kayak jadi bos-bos di perusahaan apaan kek, trus punya kekayaan yang gak habis sampai tujuh turunan gitu. Tapi yakin pasti bisa sukses kayak gitu klo udah kerja keras? Bagaimana klo udah kerja keras tapi jangankan naik level jadi bos-bos, penghasilan aja gak naik-naik. Ya emang tergantung nasib juga kali ya? Hehe…

Eh, kemarin gue ketemuan sama sohib gue yang menurut gue sangat bernilai. Orangnya smart, tangguh, dan pekerja keras. Kita sharing ngebahas tentang pekerjaan kita yang sejauh ini senasib, yang kayaknya gitu-gituuuu aja, bukannya jadi lebih baik malah jadi lebih buruk. Gue bilang ke sohib gue “Broh, klo diinget-inget waktu kuliah nih ya, lo tuh orangnya pinter banget, IPK lo wow gila, rajin baca buku setebal kitab suci kayak professor, karna rajin banget belajarnya lo tuh malah jadi gak gaul gitu men. Hehe… Tapi klo ngeliat temen-temen kita yang kuliah males-malesan dengan kapasitas otak yang biasa-biasa aja malah bisa lebih sukses dari kita, kok bisa ya??”
“hahahaha… nah itu dia broh, gue juga heran gitu! Mungkin orang-orang kayak kita emang musti benar-benar ditempa dengan sangat baik sebelum jadi orang sukses bro.” Wedew, likes banget bro, dua jempol buat lo men!

Gue jadi inget ama adek tingkat yang juga jadi teman seperjuangan nyusun skripsi. Di tengah-tengah perjuangan dia curhat ngeluarin keluh kesahnya, katanya “Kak, Tuhan kayaknya gak adil ya? Kita nih udah berusaha keras berjuang sendiri kesana kemari, tapi kayaknya masalahnya gak abis-abis gitu, banyak banget halangannya. Sementara temen gue yang tiga tuh kayaknya lancar-lancar aja skripsinya, malahan banyak senior yang bantuin pula. Gak adil kan ya?” Dan gue pun ngasih jawaban sok bijak yang hampir sama kayak yang temen gue bilang. Bahwa mungkin Tuhan emang tau klo kita tuh orang-orang yang lebih tangguh dari mereka yang lain, makanya kita dikasih cobaan yang lebih besar dari yang lain agar ditempa menjadi seorang yang lebih baik lagi.

Kenyataannya, setiap tekanan membuat kita jadi kuat. Hambatan membuat kita jadi pinter nyari jalan keluar. Persaingan membuat kita makin kreatif. Dan masalah membuat kita makin bijak men. Jadi gue yakin dengan banyaknya masalah yang dateng bertubi-tubi, sebenarnya itu tuh adalah cara terbaik yang Tuhan lakuin untuk ngeluarin potensi dalam diri kita yang sebenarnya. Ibarat seorang pejuang klo semakin tangguh harus semakin ditempa biar bisa jadi seorang kesatria dan semakin bernilai. Benner nggak? Apa ada komentar lain?? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti Spam!! Isi jawaban di bawah *


DMCA.com